Manusia dengan Gen Tangan Kiri "Kidal" dan Penyakit Alzheimer, Parkinson

Sekitar 90% dari semua manusia tidak kidal, jadi apa masalahnya dengan 10% lainnya? Genetika memainkan peran besar, menurut sebuah studi kidal baru terhadap ratusan ribu orang Inggris yang diterbitkan bulan ini.

Wanita Kidal

Temuan ini menawarkan lebih dari sekadar hal-hal sepele; gen yang sama yang mengatur tangan mana yang Anda sukai juga terlibat dalam skizofrenia , penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer . Studi yang dipublikasikan dalam jurnal neurologi Brain, bisa menjadi langkah penting dalam menentukan penyebab, faktor risiko dan perawatan untuk gangguan neurologis ini.

Studi ini mengamati lebih dari 400.000 orang usia 40-69 yang dipilih dari UK Biobank. Biobank adalah organisasi nirlaba Inggris yang melacak kesehatan lebih dari setengah juta orang secara khusus untuk membantu penelitian medis.

Penulis penelitian mengamati genotipe untuk peserta, serta pemindaian citra otak sekitar 9.000 peserta dan data lainnya untuk menentukan hasilnya.

Para peneliti mengatakan beberapa gen tampaknya menghasilkan preferensi tangan. Lebih jauh, gen-gen itu menghasilkan preferensi itu dengan mengkodekan untuk koneksi yang lebih kuat antara pusat-pusat fungsional di bagian kiri dan kanan otak. Para penulis menyimpulkan bahwa gen untuk kidal terkait dengan masalah neurologis tertentu dan berpeluang lebih besar terlibat dalam skizofrenia , penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

'Otak kiri?'

Studi ini memotong ke jantung teori "lateralisasi otak," gagasan bahwa belahan otak kiri dan kanan melakukan fungsi yang berbeda.

Ini adalah masalah perdebatan yang sedang berlangsung di antara ahli saraf, tulis Roxanne Dryden-Edwards, MD , seorang psikiater dan penulis medis untuk MedicineNet.

Tak jarang para spesialis saraf beranggapan konsepsi karakteristikal otak kiri murni versus otak kanan sebagai mitos belaka," ungkap Dr. Dryden-Edwards." Banyak teori dan konsep yang menerangkan kepada kita bagaimana sebenarnya belahan kanan dan kiri fungsi otak manusia, dan banyak pula di antaranya memiliki kelebihan dan keterbatasan."

Teori lateralisasi otak menyatakan bahwa daerah-daerah tertentu di otak melakukan fungsi tertentu. Banyak penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa belahan otak kanan dan kiri sebagian besar digunakan secara setara, yang menunjukkan hubungan fungsional dan fisik antara belahan otak kanan dan kiri, tulis Dr. Dryden-Edwards.

Dominasi belahan otak sering diprediksi oleh apakah seseorang kidal atau tidak, dan cara seseorang belajar terbaik sering dikategorikan sebagai otak kiri atau fungsi otak kanan, kata Dr. Dryden-Edwards.

Karakteristik dan Fungsi Otak Kiri

Fungsi otak kiri diperkirakan meliputi:


  •  Memahami jumlah situasi apa pun, mendapatkan "gambaran besar"
  •  Gerakan otot besar seperti berjalan
  •  Merasakan di mana tubuh seseorang berada di luar angkasa
  •  Keseimbangan
  •  Komunikasi nonverbal
  •  Berfungsi secara emosional
  •  Bau, suara, dan rasa penginderaan
  •  Mengatur perilaku penghindaran


Menurut penelitian neuroscience, sisi kiri otak atau belahan bumi:


  • Dirangsang secara positif oleh pengalaman baru.
  • Mengontrol sistem kekebalan tubuh.
  • Bertanggung jawab atas fungsi tubuh yang tidak disengaja, misalnya, pernapasan , detak jantung,  dan pencernaan .


Psikologi otak kiri dan otak kanan lebih jauh menggambarkan fungsi otak kiri sebagai termasuk: kemampuan memperhatikan detail, keterampilan gerak motorik halus, dan kemampuan untuk mengubah suara menjadi bahasa dan menerjemahkan artinya. Jaringan otak kiri juga dianggap mengendalikan pemikiran analitis / logis, termasuk kemampuan matematika seseorang dan keterampilan memecahkan masalah, kata Dr. Dryden-Edwards.

Karakteristik dan Fungsi Otak Kanan

Belahan otak kanan dianggap memungkinkan anak-anak kecil untuk memahami konsep lebih dan lebih sedikit, tetapi pemahaman tentang nilai-nilai angka tertentu melibatkan belahan kiri.

Kegiatan kognitif lain yang cenderung diatur oleh belahan otak kanan meliputi perhatian terhadap, dan pemrosesan keseluruhan bentuk visual barang, memahami ambiguitas verbal, dan makna emosional dan tersirat.

Dalam hal perkembangan otak, penelitian neuroscience menunjukkan bahwa sampai sekitar usia tiga tahun, belahan otak kanan cenderung dominan dalam fungsi otak, kata Dr. Dryden-Edwards.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang lateralisasi otak, baca artikel medis lengkap Dr. Dryden-Edwards di otak kiri dan kanan. (bisa searching di mbah google)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Manusia dengan Gen Tangan Kiri "Kidal" dan Penyakit Alzheimer, Parkinson"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel