Begadang Dapat Meningkatkan Kecemasan Hingga 30 Persen

Hanya satu malam tanpa tidur dapat meningkatkan tingkat kecemasan hingga 30%, tetapi mendapatkan tidur malam yang penuh memulihkan ketenangan dan mereset otak yang cemas, hasil dari penelitian.


Ahli saraf di UC Berkeley menemukan bahwa tidur nyenyak adalah intervensi anti - kecemasan alami . Tidur nyenyak yang melawan kegelisahan disebut tidur gelombang lambat non-rapid eye (NREM). Jenis tidur ini menghasilkan penurunan tekanan darah dan detak jantung serta sinkronisasi osilasi saraf (gelombang otak).

Kurang tidur menutup korteks prefrontal medial, bagian dari otak yang membantu mengatur tingkat kecemasan, menurut hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Human Behavior . Studi ini menemukan bahwa sulit tidur juga meningkatkan aktivitas di pusat emosi otak yang lebih dalam, yang mengarah pada peningkatan kecemasan.

Tidur nyenyak mengatasi masalah ini, memulihkan aktivitas di area otak prefrontal yang mengarah ke reaktivitas fisiologis dan emosional yang lebih rendah dan mencegah kecemasan meningkat, menurut penulis utama studi, Eti Ben Simon.

Peneliti menggunakan MRI fungsional , polisomnografi, dan tes lain untuk mendapatkan hasil. Matthew Walker, penulis studi senior dan profesor neuroscience dan psikologi di UC Berkeley, mengatakan tidur lelap mengurangi kecemasan dengan mengatur kembali koneksi di otak.

Gangguan kecemasan adalah kondisi kejiwaan umum yang terkait dengan gejala seperti gelisah, lelah , mudah marah, sulit berkonsentrasi , ketegangan otot, sakit kepala , dan masalah tidur , menurut penulis MedicineNet, Michael J. Peterson, MD, PhD. Masalah tidur yang terkait dengan gangguan kecemasan termasuk kesulitan tidur atau tidur nyenyak dan tidur yang tidak nyenyak.

Berbagai macam perawatan tersedia untuk mengendalikan kecemasan, termasuk diantaranya beberapa obat anti-kecemasan yang efektif dan psikoterapi tertentu, kata Dr. Peterson.

Studi UC Berkeley menunjukkan hubungan antara kuantitas malam dan kualitas tidur yang didapat orang dan tingkat kecemasan yang mereka rasakan pada hari berikutnya. Tidak hanya gangguan tidur gejala gangguan kecemasan, tetapi optimalisasi tidur suatu hari nanti dapat direkomendasikan oleh dokter sebagai bagian dari rencana perawatan untuk pasien yang berjuang dengan kecemasan.

Walker mengatakan orang-orang di negara-negara industri menderita kurang tidur dan tingkat gangguan kecemasan yang tinggi dan keduanya mungkin saling berkaitan. Perbaikan tidur mungkin suatu hari diresepkan sebagai intervensi alami, bebas obat untuk mengurangi kecemasan.

Untuk itu jangan terlalu banyak begadang muka pucat karena darah berkurang, darilah itu sayangi badan jangan begadang setiap malam (begadang lirik by bang Haji Rhoma Irama). Usahakan tidur 8 jam setiap harinya biar badan fit dan sehat selalu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Begadang Dapat Meningkatkan Kecemasan Hingga 30 Persen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel