Manfaat Pelukan Untuk Kesehatan

Pelukan adalah hal yang mungkin dianggap kurang sopan bila dilakukan oleh pria dan wanita yang tidak ada ikatan penikahan. Apalagi dilakukan ditempat umum, iya kan?.Kalau pelukan dengan sesama jenis dengan kadar seadanya mungkin masih dianggap wajar. Bisa saja karena rasa kangen sudah lama tidak bertemu. Tapi terlepas dari hal tersebut ternyata pelukan itu ternyata baik untuk kesehatan. Berikut manfaat dari pelukan yang berhubungan dengan kesehatan kita.

Pelukan

Meringankan Stres

Ketika Anda berpelukan dengan seseorang yang Anda sayangi, tubuh Anda melepaskan hormon yang disebut oksitosin yang menenangkan Anda dan membuat Anda lebih mungkin untuk menghadapi stres dengan lebih baik. Misalnya, Anda mungkin tertawa, mengalihkan perhatian, atau mencoba menyelesaikan masalah. Ini juga dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar "hormon stres" kortisol, yang juga dapat membantu.

Membantu Hatimu lebih tenang

Ini bagus untuk detak jantung Anda jika tekanan darah Anda lebih rendah dan tingkat stres Anda turun. Para ilmuwan mengatakan lebih jelas bahwa wanita mendapatkan manfaat dari pelukan ini, tetapi tampaknya itu berlaku untuk kedua jenis kelamin.

Meredakan Nyeri

Pelukan yang baik mungkin memberi Anda lebih dari sekadar dukungan moral setelah cedera. Pelukan juga membantu memblokir sinyal rasa sakit dengan melepas Oksitosin dalam tubuh. Ini bekerja sangat baik sehingga dokter berusaha mencari cara untuk memperlakukan orang dengan bentuk laboratorium itu.

Melawan pilek

Pelukan dari orang yang Anda percayai dapat melindungi Anda dari virus umum ini, terutama jika Anda sedang stres. Dan jika Anda sudah sakit, lebih banyak pelukan mungkin menjaga gejala Anda tidak bertambah buruk.

Mengakrabkan hubungkan Anda ke Mitra Anda

Oksitosin kadang-kadang disebut "hormon cinta" - Anda sering memiliki lebih banyak dalam darah jika Anda sering memeluk pasangan Anda. Pasangan yang berpelukan dan berciuman dengan bebas cenderung lebih bahagia, lebih sehat, dan kurang stres.

Baik untuk Kesehatan Bayi

Memeluk dapat meningkatkan kadar oksigen bayi, menenangkan napas, dan meredakan sinyal rasa sakit. Dan untuk bayi dengan berat badan kurang, ini meningkatkan peluang bertahan hidup lebih dari sepertiga. Ini membantu otak tumbuh dan membuat infeksi dan penyakit lain, seperti hipoglikemia atau hipotermia, lebih kecil kemungkinannya.

Jadi selalulah berikan pelukan hangat kepada pasangan kita ataupun keluarga kita dalam keadaan suka ataupun duka. Karena dengan pelukan hangatmu bisa membuat pasanganmu merasa nyaman dan tenang. Sehingga kebahagian akan terus bersamamu dan juga keluargamu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Pelukan Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel